7 May 2016

5 Tips Penting Investasi Tabungan Emas di Pegadaian

Investasi emas telah menjadi kebiasaan masyarakat sejak dulu. Kandungan dan karakteristik emas yang istimewa membuatnya terus dicari orang. Permintaan meningkat dan harga akan terus naik dalam jangka panjang. 
Selain itu emas juga bersifat likuid (mudah dicairkan), tidak seperti property yang harus mencari pembeli, Anda bisa menjual emas di toko-toko maupun outlet penjual emas terdekat.
Nah, sebelumnya anda sudah mengetahui alasan dan keuntungan menabung emas di Pegadaian.
Berikut tips bagi anda yang ingin atau sedang menabung emas di Pegadaian.
  1. Cari tahu dulu harga emas di pasaran. Harga emas di Pegadaian mengacu pada harga yang telah ditetapkan ANTAM. Gunanya anda bisa memperkirakan dengan jumlah uang yang anda miliki nantinya bisa dapat emas di kisaran berapa gram.
Berikut ini harga emas di Pegadaian yang saya ambil dari situsnya di tanggal 6 Mei 2016.
harga emas di pegadaian. sumber
Untuk mengecek harga emas terbaru anda bisa lihat disini.
  1. Carilah Pegadaian terdekat dengan lokasi domisili agar mudah melakukan setoran atau tarikan. Sejauh ini sesuai keterangan petugas di loket, pembelian emas belum bisa melalui ATM, harus melalui loket pegadaian. Kalaupun ada kerjasama dengan bank, hanya dengan bank BRI.
  2. Kalau anda ingin mencetak emas batangan, saran saya, pilihlah dalam cetakan yang paling berat. Kenapa? Karena untuk mencetak emas perlu ongkos pencetakan. Bisa kita lihat untuk ongkos cetak semakin berat kepingan selisihnya semakin mengecil, artinya dengan semakin besar ukuran cetakan kita semakin hemat.
    Berikut biaya cetak emas di Pegadaian yang saya ambil pada tanggal 7 Mei 2016.
    ongkos cetak emas di Pegadaian. sumber
     Kalau ada perubahan Anda bisa mengecek harga ongkos terbaru disini.
  1. Cari tahu biaya-biaya yang dibutuhkan. Berikut ini daftar biaya yang dibebankan untuk nasabah pegadaian. Diambil dari situs pegadaian.
biaya-biaya tabungan emas pegadain. sumber

  1. Kalau anda berniat membeli emas secara cicilan, pilihlah ukuran dengan cicilan yang sesuai dengan kemampuan anda. Janga sampai telat karena Pegadaian juga menerapkan denda bagi keterlambatan pembayaran cicilan.
Nah, itulah beberapa tips bagi Anda yang sedang atau ingin menabung emas di Pegadaian. Semua keputusan berada di tangan Anda. 
Kapan waktu terbaik mulai membeli emas? jawabannya adalah 20 tahun yang lalu. karena Emas lebih bersifat hedging atau perlindungan nilai asset dari gerusan inflasi. bukan instrumen untuk spekulasi.

Terus, kalau udah telat bagaimana? Kesempatan kedua adalah HARI INI. Cobalah dengan mulai menyisihkan 5000 per hari. (Baca: Pengalaman : Cara mudah menabung emas di Pegadaian mulai 5000 rupiah !)
 Dalam sebulan anda sudah bisa menyisihkan 150 ribu rupiah atau kurang lebih sekitar 0.3 gram. lumayan bukan :)

Jadi, tunggu apalagi ? Mulailah dari hari INI.

1 komentar so far

Ngomongin emas, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Ternyata, ada beberapa kesalahan investasi emas yang kerap dilakukan oleh banyak orang dan itu bisa merugikan banget. Mau tau apa aja kesalahan itu? Cek di sini ya: Kesalahan investasi emas yang membahayakan